Business Trip and Fun: Budidaya Tanaman Hias

Business Trip and Fun (BTF) merupakan salah satu kegiatan dalam agenda program kerja yang diselenggarakan oleh HIPMA UNIKOM pada hari Jumat, 29 Oktober 2021 pukul 13.00 s.d. 15.00 WIB dan berlokasi di Balai Pelatihan Pertanian Lembang.

Kegiatan BTF ini berkaitan dengan pembudidayaan tanaman hias. Salah satu contohnya yaitu kaktus. Di sana diperlihatkan berbagai jenis tanaman hias dan dijelaskan juga bagaimana cara merawat dan membudidayakannya.

Dalam satu tanaman kaktus dengan mengambil bagian pangkalnya dan ditempelkan dengan tanaman kaktus lain yang ingin dibudidayakan dapat menghasilkan banyak bibit kaktus yang baru. Kaktus yang ingin dijadikan sebagai media perkembangbiakannya harus dipotong lurus secara horizontal sekitar 5 cm dari permukaan tanah di dalam pot. Kemudian bagian pinggirnya dipotong secara diagonal dengan kemiringan kurang lebih 45 derajat. Kaktus yang ingin dikembangbiakkan dipotong terlebih dahulu bagian dasarnya secara horizontal hingga terlihat titik dibagian tengah yang ditandai dengan warna putih yang merupakan titik tumbuhnya. Kaktus tersebut kemudian ditempelkan ke media kaktus pertama dengan kedua titik tumbuh kaktus menempel. Agar tidak terlepas, kaktus diikatkan dengan karet gelang yang kecil secara vertikal tepat dibagian tengah kaktus hingga ke bagian bawah pot.

Masing-masing dari peserta BTF diberi kesempatan untuk mencoba mempraktikkan pembudidayaan kaktus sesuai yang telah dijelaskan diatas. Sekilas saat memperhatikan cara melakukannya terlihat mudah-mudah saja. Namun, banyak dari peserta yang mengalami kesulitan terutama pada bagian mengikatkan kaktus dengan karet gelang karena tekanan dari karet yang terkadang membuat kaktus terlepas jika karet tidak diposisikan dengan benar dibagian tengah.

              Kegiatan ini bertujuan agar pengurus dan anggota bisa belajar untuk membudidayakan kaktus atau pun memulai bisnis dari tanaman hias ini. Selain harganya yang terjangkau, memulai usaha ini tidak memerlukan modal yang besar, dan tanaman ini bisa dipasarkan dengan berbagai inovasi yang kekinian seperti terarium kaktus. Tanaman ini juga tidak memerlukan perawatan yang khusus, hanya perlu dilakukan penyiraman tiga hari sekali, dengan media pasir malang kaktus bisa tumbuh dengan baik. Walaupun pengembang biakannya memerlukan usaha yang tekun, tanaman ini bisa hidup dalam jangka waktu yang cukup lama walaupun dalam suhu ruang yang kering.

              Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para pengurus atau pun anggota yang ingin memulai usaha, dikarenakan BBPP ini merupakan salah satu distributor tanaman kaktus, sehingga suply tanaman yang ada di BBPP ini bisa memadai untuk mendukung mulainya usaha kecil menengah atau usaha online.

About Author
admin